Sungai Kuantan Kembali Meluap Bupati  Warga Sepanjang Bantaran Sungai Di Minta Siaga

Sungai Kuantan Kembali Meluap Bupati  Warga Sepanjang Bantaran Sungai Di Minta Siaga
Sungai Kuantan Kembali Meluap Bupati  Warga Sepanjang Bantaran Sungai Di Minta Siaga

KUANSING - Bupati Kuantan Singingi, Drs H Suhardiman Amby, kembali mengingatkan warganya yang tinggal di sepanjang bantaran Sungai Kuantan untuk tetap siaga. Pasal nya, kondisi Sungai Kuantan serta beberapa anak sungai lainnya kembali meluap pasca curah hujan tinggi yang terjadi beberapa hari terakhir. 

Hal itu disampaikan Bupat, H Suhardiman Amby Minggu, 31/12/23 siang di Teluk Kuantan. 

Sementara seluruh Camat dan Kepala Desa serta stakeholder terkait, diminta untuk siaga memberikan pertolongan pertama serta memberikan himbauan dini kepada masyarakat untuk berjaga jaga jika banjir datang kembali, pungkas Datuk Panglimo. Dalam. 

Sementara di tempat terpisah, Camat Hulu Kuantan, Azizman melaporkan telah terjadi banjir bandang di desa Mudik Ulo kecamatan Hulu Kuantan akibat meluapnya Sungai Ulo dan anak Sungai Joriang di desa tersebut, Minggu 31/12/23 sekitar pukul 06.00 Wib pagi. 

Menurut Azizman, akibat curah hujan tinggi kedua sungai meluap dan merendam sedikitnya 31 rumah warga 1 kantor BUMDes, 1 Musholla. 


Saat ini pihak kecamatan Hulu Kuantan sudah terjun ke TKP, bersama Pemdes,  Kapolsek Danramil, guna membantu menyelamatkan barang  barang berharga warga seperti , perabotan rumah tangga,,  sepeda motor dan lainnya. 

Azizman juga menjelaskan, atas instruksi Bupati H Suhardiman Amby, juga telah diserahkan bantuan bantuan berupa beras,mie instan dan lainnya untuk warga terdampak, ujar Azizman. 

Saat ini kondisi di Mudik Ulo. Sudah mulai surut, namun warga diminta tetap waspada karena curah hujan masih tinggi, ucapnya. 

Sedangkan untuk kondisi debit air sungai Kuantan, juga cukup tinggi sehinga di minta kepada daerah bagian hilir untuk waspada, sebab bakal terjadi banjir susulan, tutup Azizman.

#Kuansing

Index

Berita Lainnya

Index